Bulan Maret ini, IEEE merayakan 30 tahun Komite Standar LAN/MAN 802. 30 tahun yang lalu, perusahaan seperti DEC, HP, IBM, Intel, dan Xerox mulai mengkristalkan gagasan membentuk sebuah komite komunikasi data di IEEE. Panitia resmi dibentuk pada Maret 1980 dengan Maris Graube dari Tektronix sebagai ketua. Jangkauan kerjanya meluas dalam tiga dekade, dari Kafe sampai Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Graube beranjak dari standar lama untuk GPIB: IEEE 488. Ia mempertanyakan ketiadaan standar untuk komunikasi pada jarak yang lebih jauh. Maka komite-komite mulai bekerja. Standar pertama yang ditelurkan adalah Ethernet, yang lucunya waktu itu belum didukung Bob Metcalfe sebagai penemu Ethernet :) . Deretan standar lain untuk komunikasi data kemudian diluncurkan juga.

Dunia wireless menyusul. WiFi dan Bluetooth pun distandarkan sebagai bagian dari 802. Tapi tak semua selesai dengan baik dan cepat. Mengutip Nikolich — yang diangkat menjadi sejarawan komite, WiFi, atau standar Wireless Local Area Network 802.11 disusun dalam kerja keras sekitar 8 tahun sebelum dapat mengeluarkan standar dasar. Yang lebih parah barangkali UWB (ultra wideband) dari kelompok Wireless Personal Area Networks 802.15, yang melibatkan dua kubu yang bersaing — mereka gagal mencapai konsensus dan akhirnya menarik proyek mereka. Contoh lain yang tak pernah mencapai standardisasi adalah Manajemen Network.

IEEE 802 juga merupakan pengarah tren industri. Contohnya adalah standar WiFi Gigabit 802.11AD yang mendorong kalangan industri untuk menyiapkannya mulai mulai tahun 2013 dengan versi 6 GHz dan 60 GHz. Versi 6 GHz akan digunakan untuk aplikasi bisnis dan industri, karena sinyalnya kuat kuat, namun berbiaya lebih tinggi untuk pengkodean, penanganan gangguan, antena MIMO, dan modulasi multilevel. Sebaliknya, versi 60 GHz akan ideal digunakan konsumen dan kantor kecil karena mudah dibangun, namun sinyalnya terganggu oleh penyerapan oksigen — secara harfiah.

Aplikasi skala industri yang didorong oleh standar 802 juga meliputi 802.15 yang mendukung RFID dan smart grid, serta 802.16 yang menjadi standar WiMAX, WiMAX mobile, hingga WiMAX 4G. Yang juga menarik adalah 802.15.6 (Body Area Networks) dan 802.15.7 (Visible Light Communications). Yang pertama dapat digunakan untuk transceiver skala nano yang bisa ditelan pasien dalam bentuk pil; dan yang kedua untuk jaringan data tingkat tinggi dengan modulasi gelombang cahaya sebagai lapisan fisik yang akan beroperasi dalam rentang terahertz tanpa izin dan kebal terhadap gangguan listrik..

Dalam rangka Peringatan 30 Tahun Komite Standar IEEE 802, IEEE juga memberikan kesempatan terbatas bagi siapa pun untuk mengambil standar-standar dari keluarga IEEE 802 secara gratis. Silakan klik pada standar-standar di bawah untuk melakukan download gratis.

Standar-standar ini hanya dapat diunduh gratis selama masa Peringatan Ulang Tahun Komite Standar IEEE 802; dan keputusan ini dapat diubah setiap saat tanpa pemberitahuan. Silakan disebarkan demi makin majunya pengembangan sistem komunikasi dan informasi demi kemanusiaan. Selamat Ulang Tahun, Komite Standar IEEE 802!

sumber :

http://komunikasi.org/2010/03/30-tahun-komite-standar-ieee-802/